Selamat Datang di GERAI DINAR SIDOARJO

Selamat Datang di GERAI DINAR SIDOARJO


Kami melayani pembelian dan penjualan koin emas dinar dan koin perak dirham untuk wilayah Sidoarjo dan sekitarnya. Kami pun menyediakan berbagai artikel yang berkaitan dengan perkembangan dinar dan dirham, informasi pengguna m-dinar. Kami tidak melakukan jual beli dinar berupa mata uang kertas.

TIPS Menyimpan Emas & Perak

TIPS !!!
1. Simpan di tempat aman semisal brankas, box emas atau kaleng anti karat.
2. Hindari dari Api dan Air serta tempat yang kelembabannya tinggi.
3. Hindari perawatan berlebih seperti mencuci dengan memberi hansanitiser, cukup dengan menggunakan tisu dengan lembut.
4. Jauhkan dari jangkauan anak-anak.
5. Jaga Sertifikat pada Dinar dan Dirham, jangan sampai rusak letakkan pada tempat penyimpanan yang rapi

Pencarian

Rabu, 01 Juni 2016

Millions Dollar Ideas - Inspired By Al-Qur'an

Millions Dollar Ideas – Inspired By Al-Qur’an

Project iGrow awalnya adalah sebuah ide untuk melestarikan alam dan memberi makan, yang kami tulis di awal Ramadhan belum sampai dua tahun lalu. Tentu saat itu kami tidak membayangkan bahwa dua tahun kemudian katika sekelompok masyarakat enterpreneurs, investors dan business people di Amerika mengumpulkan 100 perusahaan yang menurut mereka ‘the most potential to influence, change or create new global market’ – atau yang disebut disrupt100 – mereka menempatkan iGrow dalam  urutan no 21. Yang tidak banyak tahu adalah dari mana sumber inspirasi dari project seperti iGrow ini, itulah Al-Qur’an.

Al-Qur’an memerintahkan kita untuk memakmurkan bumi dan memberi makan pada seluruh penduduknya, itulah exactly misi dari iGrow – menjalankan perintah Allah yang ada di Al-Qur’an. Jadi bayangkan 1 atau 2 ayat yang kita coba implementasikan dengan sungguh-sungguh – itupun sudah sangat cukup untuk mengubah global market !

iGrow barulah sebuah ide yang dicoba diimplementasikan secara sungguh-sungguh dalam usianya yang masih sangat bela – belum juga sampai dua tahun, tetapi kekuatan idenya ini-pun cukup untuk membuat sejumlah besar investor di berbagai negara menilainya sebagai millions dollar idea!


Sepekan lagi, kita akan kembali memasuki bulan Ramadhan – bulan Al-Qur’an, bulan dimana Al-Qur’an paling banyak dibaca dan ditadaburi. Maka di bulan Ramadhan mestinya umat Islam menjadi sangat produktif, sangat kreatif – karena di bulan itu semua persoalan ketemu jawabannya (QS 16:89), semua hal – tidak ada satupun yang luput dari bahasan Al-Qur’an (QS 6:38). Bulan Ramadhan adalah bulan untuk melahirkan ide-ide besar !

Inilah  kesempatan kita untuk mentadaburi ayat demi ayatNya, untuk menjawab semua persoalan yang ada di sekitar kita. Untuk mengelaborasi segala peluang yang ada di masa kini maupun yang akan datang. Maka bila ini kita lakukan dengan sungguh-sungguh dan cepat, itulah yang akan menjadi startup-startup kelas dunia di masa mendatang. Kita sudah pernah melakukannya, why not to do it again ?

Segala kemapanan bisnis-bisnis besar dunia, insyaallah bisa kita disrupt dengan ide-ide yang memiliki sumber inspirasi yang sangat kuat seperti ayat-ayat yang ada di Al-Qur’an. Berikut sekedar beberapa contoh ide-ide startup yang insyaAllah bisa mengikuti jejak iGrow men-disrupt gobal market di bidangnya masing-masing.

Sebagaimana ide iGrow yang sejak awal saya buka di situs ini seperti dalam tulisan tersebut di atas, demikian pula ide-ide besar lainnya juga  saya buka disini supaya Anda para ahli Al-Qur’an dan keahlian teknis di bidang masing-masing bisa melengkapinya – dan bahkan bisa bergabung bersama kami untuk mewujudkannya.

Berikut antara lain the next big things yang diinpirasi oleh ayat-ayat Al-Qur’an yang insyaAllah kita siap mengimplementasikannya. Khususnya di wellness industry yang nilanya kini sudah 3.4 kali industry farmasi dunia, bisa sangat banyak yang bisa kita masuki.

Di beauty and anti aging industry misalnya, bahan bakunya di hulu sudah mulai kita tanam di project iGrow akar wangi. Bagaimana dengan hilirnya ? selama ini minyak atsiri Indonesia umumnya hanya diekspor ‘glondongan’ dengan nilai tambah yang tidak maksimal.

Nilai tambah maksimal yang menikmati industri parfum hilir dengan nama besar kelas dunia seperti  Channel, Gucci, Escada dlsb. Bagaimana kalau kita bisa menyaingi mereka seperti Air BnB yang men-disrupt kemapanan pemain-pemain besar di industri perhotelan dunia ?, atau seperti Uber yang men-disrupt industri transportasi dunia ?

Bisa bila kita memiliki sudut pandang yang unique – yang selama ini tidak dimiliki oleh pemain-pemain besar yang mapan tersebut. Inilah antara lain yang kita bisa peroleh dari ayat-ayat Al-Qur’an itu.

Misalnya sebagus-bagus minyak wangi produksi Channel, Gucci, Escada dlsb – mereka tetap memproduksi minyak wanginya secara massal. Kalau mereka memproduksi merek tertentu sebanyak sejuta botol misalnya, maka bisa dibeli oleh sejuta wanita dengan keharuman yang sama.

Padahal kharakter wanita adalah selalu ingin berbeda dengan yang lain, bila pergi ke pesta menjumpai orang lain berbaju sama dengan dia saja – dia sudah merasa tidak nyaman. Tetapi ternyata di bidang parfum, tidak peduli Madonna atau Ratu Jordania, ketika mereka menggunakan parfum tertentu – dengan mudah orang lain bisa menyamainya – karena produk- parfum yang bersifat massal tersebut.

Dengan ilmu matematika kombinasi dan permutasi saja, kita bisa membuat parfum dengan racikan yang berbeda untuk setiap orang. Bayangkan kalau produk kita ini kita luncurkan ? produk-produk parfum dunia tiba-tiba menjadi seperti produk kacangan yang massal.

Ide ini diinspirasi oleh surat Al-Waqiah ketika Allah menyebutkan bidadari itu dibuat khusus secara langsung satu persatu (QS 56:35) – tidak seperti manusia yang diciptakan olehNya Adam dan Hawa dan selebihnya adalah produk massal melalui keturunannya.

Selain bahannya memang dari minyak wangi yang sangat istimewa yaitu misik, kafuur, anber dan za’farron – ditambah proses penciptaannya yang satu per satu – maka bisa dibayangkan keharuman dan keindahan para bidadari ini. Maka seperti inilah produk yang diinpirasi oleh Al-Qur’an itu, bisa menjadi sangat tinggi kwalitasnya dan berbeda dengan segala produk lain yang sudah ada.

Untuk menggambarkan sumber inspirasinya, produk ini kita berinama HUURUN yang artinya bidadari-bidadari. Antara lain disebut Allah di surat Ar-Rahman ayat 72 dan surat Al-Waqiah ayat 22.

Inspirasi dari para bidadari ini masih bisa terus berlanjut, tidak hanya untuk product high class yang sangat khusus tersebut. Dia bisa menjadi inspirasi produk yang bersifat massal yang dibutuhkan oleh semua manusia, misalnya air tawar atau air minum.

Dunia terancam krisis air karena air tawar yang ada di dunia jumlahnya hanya sekitar 2.5 % saja, sedangkan yang 97.5 % adalah air laut yang tidak bisa diminum. Selama ini manusia jungkir balik mencari teknologi yang murah untuk menjadikan air laut itu tawar agar bisa diminum.

Dimana teknologi itu kemungkinan bisa kita peroleh ? salah satunya ya dari ‘para bidadari’. Perhatikan hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas berikut :  “ Sesungguhnya di dalam surga itu terdapat bidadari-bidadari. Dikatakan kepadanya  namanya ‘Aina’. Dia diciptakan dari empat unsur yaitu : misik, kafuur, anbar dan za’faran. Seluruh bidadari-bidadari itu sangat merindukan suami-suami mereka. Andai sekali saja bidadari itu meludah di bumi, maka tawarlah lautan di bumi tersebut lantaran ludahnya. Tertulis pada tengkuknya : “ Barang siapa yang suka dirinya seperti aku, maka beramallah dengan ketaatan kepada Rabbnya””.

Hadits ini bercerita tentang bidadari yang tidak mungkin kita peroleh selagi kita di dunia, tetapi bahannya bisa kita peroleh. Yang kedua adalah tentang konsentrasi larutan yang perlu dimasukkan ke air laut untuk bisa menjadi tawar. Dari mana kita bisa tahu ?

Dari ukuran bidadari yang ada di Surga !, dalam sebuah hadits disebutkan bahwa tinggi laki-laki di surga adalah setinggi Nabi Adam atau 60 hasta – sekitar 30 meter. Kalau laki-laki surganya setinggi ini, setinggi apa istrinya ? pastinya juga tidak jauh-jauh dari tinggi suaminya.

Bila manusia di bumi yang tingginya 1.6 m rata-rata meludah, volume ludahnya sekitar 10 ml. Ketika bidadari yang tingginya sekitar 30 meter meludah, volumenya bisa diperkirakan kurang lebih (30 m/1.6 m) x 10 ml atau sekitar  188 ml. Jadi ada cairan yang volumenya hanya 188 ml tetapi cukup untuk membuat air asin yang volumenya di bumi sekitar 1,365,000,000 km3, menjadi air tawar yang bisa diminum seluruhnya !

Tantangannya adalah menemukan cairan apakah itu ? kemungkinan bisa dicari dari formulasi bahan baku para bidadari tersebut – yaitu misik, kafuur, anbar dan za’faran. Bukankah ini semua adalah bahan yang sangat mahal dan langka ? betul, tetapi kita hanya butuh sangat-sangat sedikit  dan sudah akan cukup untuk memberi minum seluruh penduduk bumi.

Bayangkan sekarang bila ada ilmuwan kita yang bisa menemukan formula tersebut, seluruh bisnis air di dunia akan ter-disrupt oleh adanya cairan ‘ludah bidadari’ ini – karena air laut-pun tiba-tiba bisa diminum.

Bila ini terlalu muluk dan masih kelihatan sangat jauh, saya beri contoh lagi yang lebih sederhana. Di surat Al-Insaan ayat 5 Allah bercerita tentang penghuni surga yang diberi minuman yang dicapur dengan kafuur. Kafuur adalah salah satu jenis minyak wangi. Jadi mencampur minuman dengan minyak wangi tertentu, itu akan menjadikannya minuman istimewa – ‘minuman dari surga’ !

Bagaimana kalau ini kita jadikan inspirasi untuk meramu wellness drink kita. Bisa teh atau minuman hangat lainnya yang aslinya tidak beraroma  - jangan kopi karena kopi sudah beraroma, maka insyaAllah akan menjadi minuman yang istimewa.

Teh yang diberi aroma mawar yang asli – jangan essense sintetis karena malah merusak kesehatan, akan bisa menjadi minuman yang bukan hanya menghilangkan dahaga, tetapi juga menghilangkan galau, depresi dan menghilangkan firast buruk dan rasa was-was !

Bagaimana mengambil aroma mawar yang asli ini yang sudah kita ajarkan melalui Etherischef Workshop pekan lalu. Dari mana inspirasi minyak mawar ini ? dari surat Ar-Rahman yang ditaburi banyak keindahan : “Maka apabila langit terbelah dan menjadi merah mawar seperti  minyak” (QS 55: 37)

Ketika teh kita menjadi Aromatic Drink beraroma mawar misalnya, dia tidak bisa dibotolkan atau disajikan dingin – disajikannya harus panas. Cara menikmatinya juga berbeda, tidak langsung diminum.  Dihidangkan dalam kondisi panas, dihirup aromanya sehingga proses aromathic therapy-nya berjalan. Ketika aromanya mulai menghilang, barulah tehnya diminum.

Teh seperti inilah yang akan bisa menghilangkan dahaga jiwa, dahaga akal dan dahaga jasmani. Bayangkan ketika hadir produk semacam ini, orang baru akan tersentak bahwa minuman yang selama ini kita minum – hanya berisi energi (gula), menghilangkan dahaga jasmani tetapi bersamaan dengan itu juga merusaknya dalam bentuk penyakit diabetes dlsb.

Nantinya akan ada aroma yang berbeda untuk setiap jenis penyakit yang berbeda. Ketika berbagai penyakit merajalela, obat tidak lagi mempan lewat makanan, tidak mempan disuntikkan lewat pembuluh darah – obat bisa dihirup sambil menikmati teh panas. Bukan hanya industri teh botol yang akan ter-disrupt tetapi juga industri farmasi dan industri kesehatan pada umumnya.

Banyak sekali produk-produk istimewa yang bisa gali inspirasinya dari Al-Qur’an. Dan insyaAllah selama Ramadhan nanti, Startup Center – yang telah melahirkan iGrow sebagai salah satu disrupt 100 tersebut di atas – akan berbagi ilmu dan pengalaman secara gratis dalam program yang kita sebut Ramadhan Startup Academy.

Acara ini akan diadakan dalam dua event, event pertama tanggal 11 Juni 2016 jam 09.00-16.00 dengan tema “Qur’anic Problem Solving and Idea Generation”. Sedangkan event kedua tanggal 18 Juni 2016 jam 09.00-16.00 dengan tema “ From Idea to Action Plan”. Sifatnya seperti workshop, jadi peserta diharapkan aktif dengan ide-ide atau permasalahan yang hendak diselesaikannya.

Kedua event diadakan di Startup Center, Jl. Juanda no 43 Depok dan dibatasi peserta maksimal 100 orang, dan jumlah lahan parkir maksimal 50 mobil. Peminat dapat mendaftarkan namanya ke contact situs ini atau via email ke ceo@waqf.id. Selamat datang bulan ramadhan, selamat datang bulan penuh ide !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERGERAKAN HARGA DINAR EMAS 24 JAM

Mengenal Dinar dan Dirham
Standarisasi berat uang Dinar dan Dirham mengikuti Hadits Rasulullah SAW,”Timbangan adalah timbangan penduduk Makkah, dan takaran adalah takaran penduduk Madinah” (HR. Abu Daud). Pada zaman Khalifah Umar bin Khattab sekitar tahun 642 Masehi bersamaan dengan pencetakan uang Dirham pertama di Kekhalifahan, standar hubungan berat antara uang emas dan perak dibakukan yaitu berat 7 Dinar sama dengan berat 10 Dirham.
Berat 1 Dinar ini sama dengan 1 mitsqal atau kurang lebih setara dengan berat 72 butir gandum ukuran sedang yang dipotong kedua ujungnya . Dari Dinar-Dinar yang tersimpan di musium setelah ditimbang dengan timbangan yang akurat maka di ketahui bahwa timbangan berat uang 1 Dinar Islam yang diterbitkan pada masa Khalifah Abdul Malik bin Marwan adalah 4.25 gram, berat ini sama dengan berat mata uang Byzantium yang disebut Solidos dan mata uang Yunani yang disebut Drachma.
Atas dasar rumusan hubungan berat antara Dinar dan Dirham dan hasil penimbangan Dinar di musium ini, maka dapat pula dihitung berat 1 Dirham adalah 7/10 x 4.25 gram atau sama dengan 2.975 gram .
Standar kadar dan berat inipun tidak hanya di sertifikasi secara nasional oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN), tetapi juga oleh lembaga sertifikasi logam mulia internasional yang sangat diakui yaitu London Bullion Market Association(LBMA).
Seperti di awal Islam yang menekankan Dinar dan Dirham pada berat dan kadarnya - bukan pada tulisan atau jumlah/ukuran/bentuk keping - maka berat dan kadar emas untuk Dinar serta berat dan kadar perak untuk Dirham produksi Logam Mulia di Indonesia saat ini memenuhi syarat untuk kita sebut sebagai Dinar dan Dirham Islam zaman sekarang.
Seluruh Dinar dan Dirham yang diperkenalkan & dipasarkan oleh Gerai Dinar adalah produksi langsung dari Logam Mulia - PT. Aneka Tambang, Tbk..
Copas dari Buku "Mengembalikan Kemakmuran Islam dengan Dinar dan Dirham " oleh : Muhaimin Iqbal