Hikmah dan Teori Escalator Rusak
Oleh : Muhaimin Iqbal
Cucu
saya yang berusia dua tahun sedang terobsesi benda-benda yang bergerak
secara otomatis seperti lift, palang pintu parkir dan elevator.
Benda-benda lain dalam benaknya adalah juga sama dengan
benda-benda yang bergerak otomatis tersebut. Pintu geser di rumah
dimainkan seolah lift, penggaris dianggapnya palang pintu, dan bahkan
ketika melihat tangga rumah saya – itu dianggapnya adalah elevator yang
sedang rusak – karena tidak bisa bergerak sendiri. Pikiran orang dewasa
seperti kita, sesungguhnya juga tidak jauh berbeda dengan pikiran anak 2
tahun ini !
Kecerdasan manusia – yaitu kemampuannya untuk belajar, memahami, menganalisa, berpikir dan memperhatikan detil – dibangun melalui proses belajar, mengingat/menghafal dan akumulasi pengalaman hidupnya.
Karena pelajaran yang diterimanya baru sangat terbatas, demikian pula akumulasi pengalamannya – maka anak usia 2 tahun tersebut sudah menunjukkan kemampuannya untuk belajar memahami dan menganalisa – sampai dia berkesimpulan ketika melihat tangga rumah sebagai elevator yang sedang rusak.
Kecerdasan manusia – yaitu kemampuannya untuk belajar, memahami, menganalisa, berpikir dan memperhatikan detil – dibangun melalui proses belajar, mengingat/menghafal dan akumulasi pengalaman hidupnya.
Karena pelajaran yang diterimanya baru sangat terbatas, demikian pula akumulasi pengalamannya – maka anak usia 2 tahun tersebut sudah menunjukkan kemampuannya untuk belajar memahami dan menganalisa – sampai dia berkesimpulan ketika melihat tangga rumah sebagai elevator yang sedang rusak.
Bagi
orang dewasa seperti kita tentu ini kesimpulan yang salah dan naïf,
mengapa ? Karena orang dewasa sudah memiliki waktu lebih banyak untuk
belajar dan memahami hal-hal yang lebih luas. Tetapi seberapa lebih luas
sebenarnya pengetahuan kita itu dibandingkan dengan anak yang berusia 2
tahun tersebut ?
Tentu
tergantung dari pengalaman kita belajar dan memahami segala sesuatunya
selama perjalanan hidup kita. Maka disinilah masalahnya, seberapa
banyak-pun ilmu kita pelajari, seberapa panjang-pun usia kita lalui –
ilmu dan wawasan kita akan tetap terbatas.
Pembatasnya
ya itu tadi proses yang telah kita lalui dalam belajar, menghafal dan
membangun akumulasi pengalaman dalam perjalanan hidup kita. Saya tidak
bisa dan tidak harus memaksakan cucu saya paham bahwa tangga yang ada di
rumah itu memang bukan elevator – proses belajar, memorinya dan
pengalamannya belum cukup untuk bisa memahami perbedaannya.
Dengan
analogi yang sama, kita tidak bisa dan tidak harus memaksakan
orang-orang awam seperti kita bisa memahami ilmu ekonomi yang njlimet,
ilmu dan teknologi teknologi yang canggih, pemikiran politik yang ruwet
dlsb.dlsb. Sebaliknya para ahli di bidangnya tersebut, juga dengan
keterbatasan ilmu dan pengalamannya – tidak bisa diharapkan
menyelesaikan berbagai persoalan yang sebenarnya diluar kapabilitas
mereka.
Justru
dengan menyadari keterbatasan-keterbatasan itulah berbagai persoalan
akan lebih mudah teratasi, ini seperti paradox – tetapi seperti itulah
yang sebenarnya terjadi.
Ambil
contoh kasus kondisi bangsa kita saat ini misalnya, bayangkan kalau
para ahli ekonomi berpendapat bahwa masalah bangsa ini semata masalah
ekonomi – mereka akan berusaha mencari penyelesaian berdasarkan apa yang
mereka tahu dan pengalaman yang mereka miliki – ya hanya dari sudut
ekonomi.
Bila
para politikus berpendapat bahwa masalah kita adalah politik, maka
mereka hanya akan berusaha menyelesaikan masalah dari sudut pandang
politik mereka. Demikian pula para ahli ilmu pengetahuan dan teknologi,
mereka hanya akan menawarkan solusi dari penguasaan ilmu dan teknologi
mereka.
Bisa
jadi semuanya benar, tetapi tentu tidak cukup. Masalah-masalah baru
tetap terus bermunculan dengan berbagai multi dimensinya - sedangkan
kecerdasan, ilmu dan akumulasi pengalaman manusia selalu terbatas.
Lantas bagaimana kita akan menyelesaikan berbagai masalah yang
kecerdasan, ilmu dan pengalamannya tidak cukup kita miliki tersebut ?
Disitulah
letak dibutuhkannya apa yang disebut hikmah. Hikmah adalah lebih dari
sekedar kecerdasan , ilmu dan pengalaman. Hikmah adalah milik
prerogratif Sang Penguasa-nya, yaitu Allah sendiri dan hanya diberikan
kepada orang-orang yang dikehendakiNya.
“Allah
menganugrahkan al hikmah (kefahaman yang dalam tentang Al Qur'an dan As
Sunah) kepada siapa yang Dia kehendaki. Dan barang siapa yang
dianugerahi al hikmah itu, ia benar-benar telah dianugrahi karunia yang
banyak. Dan hanya orang-orang yang berakallah (ulul albab) yang dapat mengambil pelajaran (dari firman Allah)”. (QS 2:269)
Hikmah
dalam tafsir Ibnu Katsir digambarkan sebagai penguasaan Al-Qur’an yang
sangat mendalam. Bahkan hadits/sunnah Nabi juga disebut hikmah karena
siapa lagi yang memamahami dan menguasai Al-Qur’an lebih baik dari
manusia teladan yang akhlaknya memang adalah Al-Qur’an ini ?
Tetapi
seperti yang juga dijanjikan Allah dalam ayat tersebut di atas, hikmah
juga diberikan kepada orang lain selain Nabi Shallallahu ‘Alaihi
Wasallam. Siapa mereka ini ? Itulah yang juga disebut di ayat yang sama
tersebut yaitu kepada para ulul albab – yang juga berarti para pemilik hikmah – atau mereka yang bisa melihat setiap akar persoalan. Albab adalah plural dari lubb – yang artinya adalah inti dari segala sesuatu.
Ulul albab ini disebut setidaknya 10 kali di dalam Al-Qur’an, yaitu
ditempat-tempat yang ‘menantang’ manusia yang berakal untuk berpikir.
Misalnya ketika Allah menjelaskan bahwa dalam hukum kisas itu ada
kehidupan, siapa yang bisa memahami ? tidak mudah bukan ? itulah para ulul albab yang bisa memahaminya (QS 2:179).
Didalam
penciptaan langit dan bumi, silih bergantinya malam dan siang terdapat
ayat-ayatNya. Siapa yang bisa menangkap pesannya ? itu juga para ulul albab.
Siapa mereka ini ?, yaitu orang yang terus menerus mengingat Allah
ketika sedang berdiri, duduk dan bahkan sedang tiduran sekalipun. (QS
3:190-191).
Yang bisa membedakan yang baik dengan yang buruk meskipun yang buruk itu menyenangkan hati juga para ulul albab ( QS 5:10). Yang bisa memahami bahwa Al-Qur’an itu adalah penjelasan yang sempurna bagi manusia juga hanyalah para ulul albab (QS 14:52). Perbedaan antara ulul albab dengan
manusia lainnya adalah seperti orang yang mengetahui dan yang tidak
mengetahui, yang bisa menerima pelajaran dan yang tidak (QS 39:9).
Maka dengan karakter tersebut, para ulul albab
atau para pemilik hikmah adalah orang-orang yang bisa menyelesaikan
segala persoalan – tidak terbatas pada kecerdasan yang dimilikinya, ilmu
yang pernah dipelajarinya maupun akumulasi pengalaman hidup yang telah
dilaluinya.
Di
Al-Qur’an ini antara lain dicontohkan dengan kisah Zulkarnain yang
harus mengatasi persoalan pelik mengamankan rakyatnya yang lemah dari
gangguan Yakzuz dan Makjuz (QS 18:83-97). Apakah Zulkarnain pernah
membuat tembok sejenis sebelumnya ? dari mana dia belajar membuat tembok
yang begitu perkasa yang akan bertahan inysaAllah sampai menjelang
kiamat nanti ? Itulah hikmah yang diberikan Allah kepadanya sehingga dia
bisa membuat sesuatu yang belum pernah dipelajari manusia sebelum dan
sesudahnya sekalipun.
Lantas bagaimana manusia kebanyakan seperti kita-kita bisa diberi hikmah oleh Allah ? Tiada lain jalannya adalah dengan keimanan dan ketakwaan. Contoh sederhananya begini, seluruh hakim di Indonesia itu belajar ilmu hukum yang sama – tetapi mengapa ada hakim yang bisa memutuskan perkara dengan adil, tetapi juga tidak sedikit pula yang memperjual belikan keputusannya ? apa yang membedakannya ?
Lantas bagaimana manusia kebanyakan seperti kita-kita bisa diberi hikmah oleh Allah ? Tiada lain jalannya adalah dengan keimanan dan ketakwaan. Contoh sederhananya begini, seluruh hakim di Indonesia itu belajar ilmu hukum yang sama – tetapi mengapa ada hakim yang bisa memutuskan perkara dengan adil, tetapi juga tidak sedikit pula yang memperjual belikan keputusannya ? apa yang membedakannya ?
Hakim yang memutusakan perkara dengan adil – itulah yang memiliki hikmah, yang lain meskipun gelar dan pangkatnya bisa jadi lebih tinggi tetapi tidak bisa adil – maka dia tidak memiliki hikmah. Hakim yang memutuskan perkara dilandasi dengan keimanan dan ketakwaan, maka dia diberi hikmah untuk bisa berbuat adil.
Konsisten
dengan ini, negeri yang penduduknya beriman dan bertakwa dijanjikan
oleh Allah dengan keberkahan dari langit dan dari bumi (QS 7:96),
orang-orang yang bertakwa akan selalu diberi jalan keluar (QS 65:2),
orang-orang yang beriman dan bertakwa – yang menggunakan AlQur’an
sebagai huda – maka dia akan menjadi orang-orang yang paling unggul (QS
3:138-139)
Jadi
jelaslah sebenarnya yang dibutuhkan umat ini dan negeri ini. Tidak lagi
cukup para eksekutif, legislatif dan yudikatif yang bergelar serenceng –
bila mereka tidak memiliki hikmah – mereka tidak akan membawa jalan
keluar bagi perbagai persoalan yang ada di negeri ini.
Tetapi
rakyat juga tidak bisa menyalahkan mereka, karena prasyarat keberkahan
negeri justru adanya di rakyat itu sendiri seperti di surat 7:96
tersebut. Kita semua merindukan pemimpin yang memiliki hikmah, agar
tidak melihat persoalan seperti cucu saya yang mengira tangga rumah saya
adalah elevator yang rusak ! Tetapi pemimpin yang memiliki hikmah hanya
lahir dari keimanan dan ketakwaannya, sedangkan pemimpin kita adalah
salah satu dari kita – maka lagi-lagi mulainya harus dari kita.
Mudah-mudah-an
dengan berakhirnya Ramadhan ini, sasaran dari puasa untuk menjadikan
kita orang-orang bertakwa itu bisa bener-bener kita capai. Sehingga
dengan tu Allah memberi kita hikmah untuk mampu menyelesaikan perbagai
persoalan yang kita hadapi. InsyaAllah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar