Selamat Datang di GERAI DINAR SIDOARJO

Selamat Datang di GERAI DINAR SIDOARJO


Kami melayani pembelian dan penjualan koin emas dinar dan koin perak dirham untuk wilayah Sidoarjo dan sekitarnya. Kami pun menyediakan berbagai artikel yang berkaitan dengan perkembangan dinar dan dirham, informasi pengguna m-dinar. Kami tidak melakukan jual beli dinar berupa mata uang kertas.

TIPS Menyimpan Emas & Perak

TIPS !!!
1. Simpan di tempat aman semisal brankas, box emas atau kaleng anti karat.
2. Hindari dari Api dan Air serta tempat yang kelembabannya tinggi.
3. Hindari perawatan berlebih seperti mencuci dengan memberi hansanitiser, cukup dengan menggunakan tisu dengan lembut.
4. Jauhkan dari jangkauan anak-anak.
5. Jaga Sertifikat pada Dinar dan Dirham, jangan sampai rusak letakkan pada tempat penyimpanan yang rapi

Pencarian

Minggu, 16 Oktober 2011

Entrepreneurship : Membangun Knowledge, Menyemai Courage…


PDF Print E-mail
Oleh Muhaimin Iqbal   
Dalam seperempat abad perjalanan karir saya di dunia profesional, pelatihan dan entrepreneur, saya bertemu dengan ribuan ‘calon’ pengusaha baik ketika saya masih bekerja di kantor maupun ketika saya terlibat dalam forum-forum pelatihan. Sayangnya setelah sekian tahun ketemu lagi dengan mereka, pada umumnya mereka masih saja menangani pekerjaan yang lamanya. Hitungan kasar saya hanya satu sampai dua persen saja ‘calon’ pengusaha tersebut yang akhirnya benar-benar menjadi pengusaha. Apa yang membedakan antara mereka yang tetap menjadi ‘calon’ pengusaha sampai pensiun,  dengan yang benar-benar menjadi pengusaha di usia produktifnya ?.


Ada dua yang menurut pengamatan saya pribadi menonjol yaitu apa yang disebut knowledge dan courage. Knowledge adalah seluk beluk yang Anda perlu ketahui tentang usaha yang akan Anda terjuni, saya sudah pernah menulis knowledge ini dalam beberapa tulisan antara lain tentang 7 “I” ,  Business Model Building Blocks dlsb.  Lantas bagaimana dengan courage ?.

Courage adalah keberanian yang disertai dengan keteguhan hati atau dalam bahasa arabnya syaja’ah. Beda dengan knowledge yang bisa dibaca sekilas orang sudah tahu, courage itu seperti benih. Dia butuh disemai di lingkungan yang tepat, disirami secara cukup, dilindungi dari segala macam penyakit dan hama sebelum akhirnya dia tumbuh subur dan mampu mempertahankan diri dari terpaan angin, hujan dan bahkan badai.

Berikut adalah karakter dari benih-benih courage yang bisa Anda semaikan pada diri Anda sehingga lama kelamaan menjadikannya tumbuh seperti pohon besar yang kuat, akarnya menancap dalam ke perut bumi dan daunnya tinggi menjulang ke langit.

1.     Courage tumbuh dari keyakinan akan kebenaran, bukan dari nafsu – meskipun untuk sementara bisa saja nafsu itu nampak unggul : Lihat courage Habil ketika menghadapi ancaman saudaranya Kabil : "Sungguh kalau kamu menggerakkan tanganmu kepadaku untuk membunuhku, aku sekali-kali tidak akan menggerakkan tanganku kepadamu untuk membunuhmu. Sesungguhnya aku takut kepada Allah, Tuhan seru sekalian alam." (QS 5 : 28)
2.     Courage yang tumbuh dari keyakinan yang kuat bisa membuat apa yang dimata manusia lain tidak mungkin menjadi mungkin : Lihat apa yang dialami Nabi Ibrahim Alaihi Salam ketika api-pun dibuat dingin oleh perintahNya “…Hai api menjadi dinginlah, dan menjadi keselamatanlah bagi Ibrahim". (QS 21:69).
3.     Courage akan tumbuh pada diri orang-orang yang berserah diri dan  sabar : Lihat bagaimana prosesi penyembelihan Ismail muda oleh Bapaknya “Maka tatkala anak itu sampai (pada umur sanggup) berusaha bersama-sama Ibrahim, Ibrahim berkata: "Hai anakku sesungguhnya aku melihat dalam mimpi bahwa aku menyembelihmu. Maka fikirkanlah apa pendapatmu!" Ia menjawab: "Hai bapakku, kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu; insya Allah kamu akan mendapatiku termasuk orang-orang yang sabar". Tatkala keduanya telah berserah diri dan Ibrahim membaringkan anaknya atas pelipis (nya), (nyatalah kesabaran keduanya)”. (QS 37 : 102-103).
4.     Couarge tumbuh dari orang yang menyadari kesalahannya dan ingin memperbaikinya. Lihat pengakuan dan do’a  nabi Yunus Alaihi Salam ketika berada di dalam perut ikan : “Dan (ingatlah kisah) Zun Nun (Yunus), ketika ia pergi dalam keadaan marah, lalu ia menyangka bahwa Kami tidak akan mempersempitnya (menyulitkannya), maka ia menyeru dalam keadaan yang sangat gelap: "Bahwa tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim." Maka Kami telah memperkenankan doanya dan menyelamatkannya daripada kedukaan. Dan demikianlah Kami selamatkan orang-orang yang beriman.” (QS 21 : 87-88)
5.     Courage  akan tumbuh dari kemampuan mengatasi diri sendiri : Anda harus bisa mengatasi diri sendiri sebelum bisa mengatasi tantangan di depan Anda, kemenangan yang paling berat adalah memenangkan atas (kelemahan) diri sendiri.
6.     Courage akan tumbuh dari Anda yang bersuara : Ungkapkan ide-ide Anda agar diresponse orang, didukung dan diserang adalah biasa. Sepuluh orang yang berbicara lebih didengar ketimbang sepuluh ribu orang yang diam.
7.     Courage akan tumbuh ketika Anda seorang diri : Pemberani tidak tergantung pada teman atau lingkungan untuk bisa bertindak.
8.     Courage akan tumbuh dari visi yang jelas : Meskipun di depan banyak rintangan, visi yang jelas akan menuntun Anda melihat ke horizon yang jauh melampaui rintangan-rintangan tersebut.
9.     Courage tumbuh pada diri yang manusiawi yang kadang juga mengalami ketakutan : Pemberani tidak berarti tidak pernah takut, kadang takut adalah sifat manusia –pemberani adalah yang bisa mengatasi ketakutannya.
10.   Courage akan semakin kokoh ketika diuji : Pemberani akan tetap berdiri ketika di sekelilingnya tunduk pada terpaan angin perubahan.

Seperti juga menyemai benih yang baik, Anda perlu tanah semaian yang memang sesuai dengan karakter benih itu sendiri. Sebaik apapun benihnya bila disemai di tanah yang tidak sesuai – maka kecil sekali kemungkinannya untuk bisa tumbuh subur. Benih courage-pun demikian, untuk menumbuhkannya Anda memerlukan lingkungan pergaulan di kantor, di rumah, di komplek perumahan dlsb. yang semuanya menunjang. Bila courage itu belum tumbuh pada diri Anda, coba perhatikan sekeliling Anda – jangan-jangan memang tanah semaiannya yang tidak subur.

Bila knowledge dan courage telah lengkap ada pada diri Anda, insyaAllah tidak ada lagi yang akan menghalangi Anda untuk mulai mewujudkan visi-visi Anda. InsyaAllah…


Catatan :
Bila Anda kesulitan untuk menemukan lingkungan yang baik untuk menumbuhkan courage Anda, silahkan bergabung di Pesantren Wirausaha Daarul Muttaqiin – Jonggol.  Insyaallah setiap bulan akan  ada acara mabit dengan tema seputar entrepreneurship yang dibimbing Al-Qur’an. Caranya sederhana cukup mengirimkan CV Anda ke alamat kontak situs ini.  Gambaran acaranya seperti contoh yang kami adakan untuk bulan ini, yang Alhamdulillah acara sudah berlangsung di awal  bulan yang diikuti hampir 100 orang, untuk bulan depan Insyaallah di pertengahan bulan November; tanggal tepatnya dan agenda akan diumumkan via event di facebook mupun di situs ini mendekati hari H-nya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PERGERAKAN HARGA DINAR EMAS 24 JAM

Mengenal Dinar dan Dirham
Standarisasi berat uang Dinar dan Dirham mengikuti Hadits Rasulullah SAW,”Timbangan adalah timbangan penduduk Makkah, dan takaran adalah takaran penduduk Madinah” (HR. Abu Daud). Pada zaman Khalifah Umar bin Khattab sekitar tahun 642 Masehi bersamaan dengan pencetakan uang Dirham pertama di Kekhalifahan, standar hubungan berat antara uang emas dan perak dibakukan yaitu berat 7 Dinar sama dengan berat 10 Dirham.
Berat 1 Dinar ini sama dengan 1 mitsqal atau kurang lebih setara dengan berat 72 butir gandum ukuran sedang yang dipotong kedua ujungnya . Dari Dinar-Dinar yang tersimpan di musium setelah ditimbang dengan timbangan yang akurat maka di ketahui bahwa timbangan berat uang 1 Dinar Islam yang diterbitkan pada masa Khalifah Abdul Malik bin Marwan adalah 4.25 gram, berat ini sama dengan berat mata uang Byzantium yang disebut Solidos dan mata uang Yunani yang disebut Drachma.
Atas dasar rumusan hubungan berat antara Dinar dan Dirham dan hasil penimbangan Dinar di musium ini, maka dapat pula dihitung berat 1 Dirham adalah 7/10 x 4.25 gram atau sama dengan 2.975 gram .
Standar kadar dan berat inipun tidak hanya di sertifikasi secara nasional oleh Komite Akreditasi Nasional (KAN), tetapi juga oleh lembaga sertifikasi logam mulia internasional yang sangat diakui yaitu London Bullion Market Association(LBMA).
Seperti di awal Islam yang menekankan Dinar dan Dirham pada berat dan kadarnya - bukan pada tulisan atau jumlah/ukuran/bentuk keping - maka berat dan kadar emas untuk Dinar serta berat dan kadar perak untuk Dirham produksi Logam Mulia di Indonesia saat ini memenuhi syarat untuk kita sebut sebagai Dinar dan Dirham Islam zaman sekarang.
Seluruh Dinar dan Dirham yang diperkenalkan & dipasarkan oleh Gerai Dinar adalah produksi langsung dari Logam Mulia - PT. Aneka Tambang, Tbk..
Copas dari Buku "Mengembalikan Kemakmuran Islam dengan Dinar dan Dirham " oleh : Muhaimin Iqbal